[TANYA] Saya telah lama meninggalkan ibadah baik wajib maupun sunnah. Apakah saya perlu mursyid (guru) untuk kembali ?

[JAWAB] Setelah lama meninggalkan ibadah sunnah maupun wajib, apakah masih ada sebersit kerinduan untuk mengabdi dan tunduk pada Allah ta’ala ? Apa ada sedikit rasa ingin ketika melihat orang melakukan shalat dengan khusyuk ? Rindu ingin bisa begitu juga ?

Kalau ya: artinya masih ada. Biar setitik pun, ada.

Allah sendiri yang menjaga setitik cahaya kerinduan itu di hati mu. Jagalah cahaya itu. Syukuri dengan menyikapinya. Kembalilah mengerjakan apa yang Dia perintahkan untuk kita jalankan, sebelum Dia mengambil kembali cahaya-Nya itu. Jadikan kerinduan itu bahan baku kita untuk ibadah. Karena pada dasarnya, ibadah tidak bisa dipaksa.

Ketika Dia berkehendak untuk menarik kita mendekat kepada-Nya, ada dua cara: kita mendekat dengan sukarela, atau kita terpaksa ‘diseret’-Nya ke dalam ampunan serta rahmat-Nya dengan rantai ujian dan cambuk kesulitan, kebingungan atau penderitaan, yang pasti—tidak bisa tidak—akan membuahkan sebuah permohonan tolong dan ampun dengan jujur, dari dasar hati kita yang terdalam.

Ada banyak cara untuk kembali kepada-Nya. Tapi suka atau tidak, kita dijadikan-Nya sebagai umat Nabi Muhammad SAW. Karena Nabi Muhammad SAW adalah pemegang kunci pintu menuju-Nya di periode ini, maka suka atau tidak, cara kembalinya kita harus ada dalam ruang lingkup ajaran Beliau SAW. Percayalah, cepat atau lambat kita akan melalui jalan Beliau SAW, meski bisa jadi, saat ini masih enggan.

Berdoalah, mohonlah sepenuh hati, untuk dibuat-Nya memahami, walaupun sekarang masih belum melakukan ibadah. Dia mendengar permohonan semua orang, bukan hanya mendengar orang yang beribadah saja. Namun hanya permohonan sepenuh hati lah yang diutamakan-Nya. Ia sungguh-sungguh mendengar mereka yang butuh kepada-Nya dengan jujur, bukan hanya di mulut saja.

Seorang mursyid yang benar hanya merupakan perpanjangan tangan Rasulullah SAW. Bertemu mursyid pun, pada dasarnya yang ia lakukan hanya mengembalikan kita ke jalan Nabi Muhammad SAW, tapi dengan penyesuaian-penyesuaian yang spesifik untuk diri anda pribadi.

Apa tujuan semua ibadah itu? Untuk apa? Pada dasarnya, untuk membersihkan hati, menundukkan sifat-sifat jasadi, dan membuka pintu ‘keterhubungan’ dengan Allah ta’ala.

Mungkin sekarang belum terasa, dan kata-kata ini belum terasa benarnya. Tapi setidaknya cobalah belajar membedakan masa-masa sebelum kita melakukan ibadah, dan ketika melakukannya—dengan (disertai penghadapan) hati—.

Kalau sudah terasa ‘enaknya’ dan manfaatnya, barulah kita enggan untuk tidak ibadah. Tapi, kalau dalam melakukannya tidak dengan—hati yang menghadap pada Allah—, ibadah atau tidak, sama saja. Tak ada bedanya.

5 responses »

  1. Terkadang gw jg rindu ingin menjalankan yg 5 waktu & munajat berlama-lama ( curhat ma yg empunya gw ) tp entah kpn gw bs lakuin ntu….

  2. junius says:

    blm jg kucium tanganmu kini kau tlh prgi
    blm lg hilang dahaga perjumpaanku dgn mu kini kau tlh kmbli
    blm lg kubasuh embun ksejukan wajahmu diwajahku engkau tlh brlalu
    ntah siapa lg yg dgn ktduhan tatapannya ia mampu menggetar kerasnya kebekuan dihatiku
    oh kau yg tlh pergi dan berlalu, bgaimana dgn ku ini,dgn siapa aku kini.

  3. junius says:

    blm jg kucium tanganmu kini kau tlh prgi
    blm lg hilang dahaga perjumpaanku dgn mu kini kau tlh kmbli
    blm lg kubasuh embun ksejukan wajahmu diwajahku engkau tlh brlalu
    ntah siapa lg yg dgn ktduhan tatapannya ia mampu menggetar kerasnya kebekuan dihatiku
    oh kau yg tlh pergi dan berlalu, lalu bgaimana dgn ku ini,dgn siapa aku kini.

  4. junius says:

    saya bkn lh jamaah majelis beliau jg majelis taklim manapun
    namun sjak prtama aku mlihat wajah beliau dr gambar2 poster maupun foto2, sy langsung yaqn ini lh duplikasi budi pekerti MUHAMMAD RAUSULULLAH.
    slamat jalan wahai sang penerang sang pembuka jalan, smga qta brtmu dlain khidupan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s